Monday 17 October 2016

PANTAI WATULUMBUNG

  Sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah kabupaten yang wilayahnya berada di deretan pegunungan selatan Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah di sisi timur. Pantai Watulumbung merupakan sebuah pantai yang tergolong baru dan masih belum banyak yang mengetahui lokasi pantai tersebut. Letaknya yang begitu jauh di dekat pantai Wedi Ombo memang menjadi suatu alasan tersendiri untuk tidak menyambanginya, terutama akses dari jalan raya (Jalan menuju Pantai Wedi Ombo) menuju ke pantai Watulumbung masih tergolong susah dilalui kendaraan besar, mobil pun susah untuk melalui jalur tersebut, apalagi berpapasan dengan kendaraan lain mungkin akan membuat stress pengendara roda 4 atau lebih. Jika ingin berkunjung ke Pantai tersebut, disarankan untuk membawa/mengendarai motor saja, karena setelah jalan cor blok yang sudah dilalui habis kita akan melalui jalur yang terbuat dari batu putih dan belum sepenuhnya bagus untuk dilalui kendaraan bermotor, mengingat kondisi jalannya yang susah untuk dilalui tersebut diharapkan untuk menggunakan jalan secara berhati-hati dan pastikan bahwa teman-teman sekalian sudah mahir dalam membawa kendaraan bermotor dengan bukti SIM-C tentunya. Hehehe.
    Setelah melalui cor blok hingga bertemu pertigaan kedua, kita mengambil jalan ke kiri menuju jalan yang lebih ekstrim lagi. Jalan tersebut terbuat dari batu putih dan tak jarang ada terjunan curam yang sangat berbahaya, kita melalui jalur tersebut kira-kira sepanjang 2 Km hingga ujung kita menemukan parkir kendaraan roda 2. Karena akses menuju pantainya sangat sulit, maka kita menuju pantai dari tempat parkir tersebut dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sangat terjal, dan harus berhati-hati jangan mengambil jalur bagian kanan karena nanti akan tersesat hingga ke tebing jurang yang sangat tinggi, kita mangambil jalur kiri yang ditandai dengan warung-warung di sebelah kiri, hingga nanti kita menemukan warung lagi di pertengahan jalan dan setelah itu jalur menuju ke pantai sudah terlihat. 
     Selamat menikmati keindahan pantai Watulumbung dari ketinggian ataupun dari bawah diantara bukit-bukit dan dibawah pohon cemara yang begitu sejuk. Pantainya cenderung berbatu dan sedikit pasir, namun tak mengurangi esensi estetik dari setiap sudut pandang kita masing-masing. 



(View dari bawah/bibir pantai)

(View dari atas pantai)

(Watulumbung dari atas)


       Terima kasih atas kunjungannya. Mohon kritik dan saran atas ulasan yang sudah penulis buat di atas demi perbaikan dan tambahan pengetahuan redaksional bagi penulis.
 

No comments :

Post a Comment

Popular Posts